Ciambar.desa.id – Pemerintah Desa Ciambar Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi, melaksanakan program intervensi kesehatan lingkungan dalam penanganan stunting diwilayah desa ciambar dengan memanfaatkan dana dari kementrian kesehatan dengan total anggaran Rp. 100.000.000,- untuk pembangunan Jamban, Sapety Tank dan tempat cuci tangan. Rabu (03/06/2020).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kades Ciambar, Pihak Kecamtaan Ciambar, Sanitarian Puskesmas, Babinsa, Armed, Kelompok Kerja Masyarakat (KKM), LPMD, dan Tokoh Masyarakat Sekitar.

Pelaksanaan bantuan pembangunan Jamban, Sapety Tank dan Tempat Cuci Tangan dibangun oleh Pemdes Ciambar sebanyak 20 Titik di sembilan Ke-RW-an, setiap RW kurang lebih dibangun dua sampai tiga titik, dengan waktu pengerjaannya sekitar 7 hari yang dikerjakan oleh 3 orang pertitik dalam pembangunannya.

Kepala Desa Ciambar, Suparkah Mengatakan pihaknya merasa bersyukur atas bantuan yang diberikan Kementrian Kesehatan dalam upaya mengurangi jumlah angka stunting diwilayah desa Ciambar.

“Ucapan terimakasih kepada Kemenkes yang telah berkontribusi dalam penanganan Stunting diwilayah desa kami,  sehingga dengan bantuan ini, kesehatan warga kami akan terus meningkat,” Ujarnya.

Suparkahpun mengajak seluruh elemen masyarakat dalam pentingnya menjaga kebersihan lingkungan agar dapat meningkatkan pola hidup sehat dan besih tiap hari.

“Stop buang air besar sembarangan, dengan mengerahkan agar semua keluarga memanfaatkan jamban yang telah dibangun, maka stunting bisa kita cegah. Sebab bicara stunting maka tak sekedar membahas soal pemenuhan gizi makanan, namun masalah sanitasi juga bisa ikut berkontribusi terhadap penyebab stunting,” Tutupnya.

Bagikan Berita